Baterai adalah alat penyimpan tenaga listrik arus searah ( DC ).
Ada beberapa jenis baterai / aki di pasaran yaitu jenis aki basah/ konvensional, hybrid dan MF ( Maintenance Free ).
Aki basah/konvensional berarti masih menggunakan asam sulfat ( H2SO4 ) dalam bentuk cair. Sedangkan aki MF sering disebut juga aki kering karena asam sulfatnya sudah dalam bentuk gel/selai. Dalam hal mempertimbangkan posisi peletakkannya maka aki kering tidak mempunyai kendala, lain halnya dengan aki basah.
Aki konvensional juga kandungan timbalnya ( Pb ) masih tinggi sekitar 2,5%untuk masing-masing sel positif dan negatif. Sedangkan
jenis hybrid kandungan timbalnya sudah dikurangi menjadi masing-masing
1,7%, hanya saja sel negatifnya sudah ditambahkan unsur Calsium. Sedangkan aki MF / aki kering sel positifnya
masih menggunakan timbal 1,7% tetapi sel negatifnya sudah tidak
menggunakan timbal melainkan Calsium sebesar 1,7%. Pada Calsium battery
Asam Sulfatnya ( H2SO4 ) masih berbentuk cairan, hanya saja hampir tidak
memerlukan perawatan karena tingkat penguapannya kecil sekali dan
dikondensasi kembali. Teknologi sekarang bahkan sudah memakai bahan silver untuk campuran sel negatifnya.
Ada beberapa pertimbangan dalam memilih aki :
- Tata letak, apakah posisi tegak, miring atau terbalik. Bila pertimbangannya untuk segala posisi maka aki kering adalah pilihan utama karena cairan air aki tidak akan tumpah. Kendaraan off road biasanya menggunakan aki kering mengingat medannya yang berat. Aki ikut terguncang-guncang dan terbanting. Aki kering tahan goncangan sedangkan aki basah bahan elektodanya mudah rapuh terkena goncangan.
- Voltase / tegangan, di pasaran yang mudah ditemui adalah yang bertegangan 6V, 12V da 24V. Ada juga yang multipole yang mempunyai beberapa titik tegangan. Yang custom juga ada, biasanya dipakai untuk keperluan industri.
- Kapasitas aki yang tertulis dalam satuan Ah ( Ampere hour ), yang menyatakan kekuatan aki, seberapa lama aki tersebut dapat bertahan mensuplai arus untuk beban / load.
- Cranking Ampere yang menyatakan seberapa besar arus start yang dapat disuplai untuk pertama kali pada saat beban dihidupkan. Aki kering biasanya mempunyai cranking ampere yang lebih kecil dibandingkan aki basah, akan tetapi suplai tegangan dan arusnya relatif stabil dan konsisten. Itu sebabnya perangkat audio mobil banyak menggunakan aki kering.
- Pemakaian dari aki itu sendiri apakah untuk kebutuhan rutin yang sering dipakai ataukah cuma sebagai back-up saja. Aki basah, tegangan dan kapasitasnya akan menurun bila disimpan lama tanpa recharge, sedangkan aki kering relatif stabil bila di simpan untuk jangka waktu lama tanpa recharge.
- Harga karena aki kering mempunyai banyak keunggulan maka harganya pun jauh lebih mahal daripada aki basah. Untuk menjembatani rentang harga yang jauh maka produsen aki juga memproduksi jenis aki kalsium ( calcium battery ) yang harganya diantara keduanya.
Secara
garis besar, battery dibedakan berdasarkan aplikasi dan konstruksinya.
Berdasarkan aplikasi maka battery dibedakan untuk automotif, marine dan
deep cycle. Deep cycle itu meliputi battery yang biasa digunakan untuk
PV ( Photo Voltaic ) dan back up power. Sedangkan secara konstruksi
maka battery dibedakan menjadi type basah, gel dan AGM ( Absorbed Glass
Mat ). Battery jenis AGM biasanya juga dikenal dgn VRLA ( Valve
Regulated Lead Acid ).
Battery kering
Deep Cycle juga dirancang untuk menghasilkan tegangan yang stabil dan
konsisten. Penurunan kemampuannya tidak lebih dari 1-2% per bulan tanpa
perlu dicharge. Bandingkan dengan battery konvensional yang bisa
mencapai 2% per minggu untuk self discharge. Konsekuensinya untuk
charging pengisian arus ke dalam battery Deep Cycle harus lebih kecil
dibandingkan battery konvensional sehingga butuh waktu yang lebih lama
untuk mengisi muatannya. Antara type gel dan AGM hampir mirip hanya
saja battery AGM mempunyai semua kelebihan yang dimiliki type gel tanpa
memiliki kekurangannya. Kekurangan type Gel adalah pada waktu dicharge
maka tegangannya harus 20% lebih rendah dari battery type AGM ataupun
basah. Bila overcharged maka akan timbul rongga di dalam gelnya yg
sulit diperbaiki sehingga berkurang kapasitas muatannya.
Karena
tidak ada cairan yang dapat membeku maupun mengembang, membuat battery
Deep Cycle tahan terhadap cuaca ekstrim yang membekukan. Itulah
sebabnya mengapa pada cuaca dingin yang ekstrim, kendaraan yang
menggunakan baterai konvensional tidak dapat distart alias mogok.
Ada 2 rating untuk battery yaitu CCA dan RC.
*
CCA ( Cold Cranking Ampere ) menunjukkan seberapa besar arus yang dapat
dikeluarkan serentak selama 30 detik pada titik beku air yaitu 0
derajad Celcius.
*
RC ( Reserve Capacity ) menunjukkan berapa lama ( dalam menit ) battery
tersebut dapat menyalurkan arus sebesar 25A sambil tetap menjaga
tegangannya di atas 10,5 Volt.
Battery
Deep Cycle mempunyai 2-3 kali lipat nilai RC dibandingkan battery
konvensional. Umur battery AGM rata-rata antara 5-8 tahun.